Virus


Kali ini saya akan membahas tentang salah satu kejahatan yang terhadi pada komputer
yaitu Virus
pasti kalian sudah tau kan virus, nah saya ingin menjelaskan secara detail apa itu virus dan macam-macam virus..

cekidot .......................

Pengertian Virus Komputer

secara umum Virus adalah program software kecil yang dirancang untuk menyebar dari satu komputer ke kompuer lainnya dengan tujuan untuk mengganggu pengoperasian komputer.

sifat dasar virus komputer adalah menyebabkan kerusakan isi hard disk / mengganggu operasi normal komputer.

Virus berkembang biak di komputer dengan membuat salinan dari dirinya sendiri
contoh : file yang berisi virus disalin (copy) ke komputer lain maka secara otomatis komputer tersebut juga akan "Terinfeksi"  oleh virus .

keika virus dimasukan ke sistem komputer dapat menempelkan dirinya sendiri ke, atau terkadang bahkan mengganti program yang ada. jadi ketika pengguna menjalankan program tersebut virus ini juga dijalankan tanpa pengguna menyadarinya.

Dampak Virus
* Modifikasi Data
* Mengurangi Kapasitas Memory atau Disk Space
* Menghapus Hard Drive
* Menulis Ulang / Merusak File


Beberapa kriteria jenis – jenis virus komputer. Tinggal liat aja mungkin sekarang lagi ada masalah di komputer anda. Kriteria itu :
  1. Virus makro
    Jenis virus yang biasa kita denger. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi, bukan dengan pemograman suatu sistem operasi.
    Contoh virus ini :
    • Varian W97M. Misal W97M.Panther
      Panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen jenis terbuka.
    • WM.Twno.A;TW
      Panjang 41984 bytes, akan menginfeksi dokumen jenis Ms.Word. Ekstensi *.DOC
     
  2. Virus boot sector
    Virus jenis ini umum sekali menyebar. Saat menggandakan dirinya, virus jenis ini akan memindahkan atau mengganti boot sector asli ke program booting virus.  
  3. Stealth virus
    Virus jenis ini menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal “Interrupt Interceptor”. Virus ini berkemampuan mengendalikan level DOS dan biasanya bersembunyi sesuai nama, baik secara penuh maupun ukuran.
  4. Polymorphic virus
    Virus ini dirancang untuk mengecoh program antivirus. Virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali antivirus dengan cara mengubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.
  5. Virus file/program
    Virus ini menginfeksi file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE maupun *.COM. Biasanya, hasil infeksi virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserang.
  6. Multipartition virus
    Virus ini merupakan gabungan virus boot sector dan virus file. Pekerjaan yang dilakukan berakibat ganda, yaitu meninfeksi file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.









0 komentar:

Posting Komentar

Visit

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate